Warning: call_user_func_array() expects parameter 1 to be a valid callback, no array or string given in /home/kabkup01/public_html/kupang2010/2010/wp-includes/class-wp-hook.php on line 298

BUPATI AYUB TITU EKI BUKA KEGIATAN BIMTEK PENYUSUNAN LEGAL DRAFTING

  Bupati Kupang Ayub Titu Eki membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Legal Drafting bagi aparatur Desa di Lingkup Pemkab Kupang, Selasa (29/08-2017) bertempat di Chrysant Home Stay Baumata Kecamatan Taebenu. Sebanyak 30 Orang peserta yang terdiri dari 15 Kepala Desa dan 15 Orang Ketua BPD selama 3 hari mulai tanggal 29-31 Agustus akan diberikan Pelatihan dan pembekalan terkait penyusunan Legal Drafting, bagaimana mekanisme dan tata cara penyusunan Peraturan di Desa.

Bupati Ayub Titu Eki dalam sambutannya menyatakan pelaksanaan pembangunan di Desa dapat berjalan dengan baik saat setiap perangkat desa mengetahui tugas fungsi dan aturan terkait penyelenggaraan Pemerintahan Desa salah satunya ialah penyusunan Legal Drafting. Menurutnya kegiatan Bimtek seperti ini sangat bermakna mengingat Kabupaten dan Desa merupakan daerah otonom sehingga penting sekali memberikan informasi dan pembekalan pengetahuan dalam pembentukan produk hukum di Desa. Dirinya menyatakan bahwa pembentukan produk hukum di Desa tentu disesuaikan dengan kondisi yang ada sehingga diharapkan sinkron dan menyentuh kebutuhan masyarakat  Desa, sehingga benar-benar dapat mengatur persoalan-persoalan yang terjadi di desa.

Bupati pose bersama peserta Bimtek

Lebih lanjut Bupati Ayub menyatakan Bimbingan Teknis Penyusunan Legal Drafting merupakan bentuk dukungan terhadap penyelenggaraan Pemerintahan, pembangunan desa dan pembinaan masyarakat. saat ini menurutnya banyak aturan masyarakat yang sifatnya non tertulis dan terbentuk dalam sebuah kebiasaan budaya, namun sifatnya belum terlalu mengikat mengingat belum ada acuan hukum sehingga sangat diperlukan sebuah aturan tertulis yang dibuat bersama-sama dan disepakati bersama sehingga menjadi acuan baku pelaksanaan kehidupan/aktivitas di Desa. Dirinya mengapreasi kegiatan ini dan berharap dapat terus dilaksanakan dan melibatkan unsur-unsur Desa lainnya seperti Sekdes dan diikuti oleh banyak aparatur Desa mengingat kegiatan ini sebagai upaya dan wujud nyata peran Pemerintah Kabupaten Kupang mendukung penyelenggaraan Pemerintahan Desa, pembangunan, Pembinaan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat Desa sesuai dengan amanah Undang-Undang desa dan Peraturan Pelaksanaanya.

           Kabag Hukum Setda Kabupaten Kupang Soleman Luik yang juga sebagai Sekretaris Pelaksana menjelaskan Bimtek penyusunan Legal Drafting melibatkan instruktur dari berbagai kalangan diantaranya dari Kanwil Kementerian Hukum dan Ham NTT, Fakultas Hukum Undana, Bupati Kupang, Kepala BP4D Meserasih Ataupah, Kepala BPMD Yohanis Masneno, Kepala BPKAD Krispinianus Patmawan dengan materi-materi diantaranya Penyusunan Perencanaan Pembangunan Desa, Impelementasi Undang-Undang No. 6 tahun 2014, Sistem Keuangan Desa, penyusunan Peraturan Desa, Otonomi Desa dan kedudukan Desa.  Soleman Luik berharap penyelenggaraan kegiatan ini memacu aparat Desa berkerkerja dengan lebih baik, tepat dan bertanggung jawab mengingat pembangunan di Desa ditentukan oleh kualitas SDM yang handal serta mengerti aturan dan mekanisme yang ada. Pembentukan produk hukum desa menurut Luik merupakan pondasi utama dalam penyelenggaraan pembangunan di Desa.

          Kegiatan Bimtek ini mendapat sambutan positif dari para perangkat Desa yang hadir salah satunya diungkapkan oleh Kepala Desa Kotabes Kecamatan Amarasi Silvester Banu yang berterima kasih kepada Pemkab Kupang atas penyelenggaraan kegiatan yang sangat bermanfaat ini. Silvester menjelaskan sebelumnya belum ada perdes yang dibuat sehingga hanya dalam bentuk diskusi. Dirinya berharap melalui Bimtek ini Aparatur Desa ini mereka akan memiliki draf dan dasar penyusunan Perdes seusai dengan aturan dan mekanisme yang ada.

Sumber : Bagian Humas Setda Kabupaten Kupang

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Powered by Kab.Kupang | Find Free wordpress themes 2012 | Thanks to Photo Printers, Premium Themes and