Warning: call_user_func_array() expects parameter 1 to be a valid callback, no array or string given in /home/kabkup01/public_html/kupang2010/2010/wp-includes/class-wp-hook.php on line 298

Informasi Merupakan Kebutuhan Mendasar

Informasi merupakan sebuah kebutuhan mendasar yang tidak terlepas dari hak hidup seorang anak manusia sejak lahir sampai tua,  sehingga dengan pembentukan PPID di Kabupaten Kupang diharapkan menjadi lembaga yang mampu mengelola dan menyaring arus informasi yang berkembang sehingga tidak member dampak negative dalam pembangunan” demikian dikatakan oleh Bupati Kupang yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang, Drs. HendrikPaut, M.Pd. ketika memberikan sambutan saat membuka kegiatan Sosialisasi dan pembentukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Kupang. Kegiatan berlangsung Kamis, 14 September 2017 bertempat di Aula Dinas Perhubungan Kabupaten Kupang, yang dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Nusa Tenggara Timur yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik, Maria RatuUdju SH., pimpinan OPD se Kabupaten Kupang dan para peserta sosialisasi lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah juga mengatakan, informasi yang menjadi hak masyarakat tersebut harus betul-betul dapat dipertanggungjawabkan dan bermanfaat bagi pembangunan sekaligus bias mencegah isu-isu negatif yang mungkin muncul. Selain itu dikatakan pula oleh Sekda bahwa dengan dibentuknya PPID harus betul-betul dapat memposisikan diri dengan baik dan mampu menjembatani ketersumbatan informasi antara masyarakat dan pemerintah. Untuk itu diharapkan PPID mampu mengolah informasi untuk disajikan kepada masyarakat, untuk itu harus bias memahami peran dengan baik agar betul bias menjadi mediator antara informasi yang diterima dari luar dan informasi yang disampaikan kepada masyarakat agar masyarakat menerima informasi yang benar dan tidak bingung dan melakukan sikap penolakan antipasti kepada pemerintah karena menganggap pemerintah tidak hadir untuk mereka.

Selain itu Beliau juga mengharapkan agar PPID tidak hanya menjadi lembaga atau organisasi semata tapi mempunyai produk yang bias dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, untuk itu PPID yang akan melaksanakan tugas agar memperhatikan prinsip-prinsip yang disyaratkan undang-undang antara lain yang pertama ketat, yakni mengkategorikan informasi dan harus menggunakan metode yang valid dan mengedepankan obyektivitas. Yang kedua yakni terbatas artinya informasi yang disampaikan harus menghindarkan penafsiran yang multi tafsir,sehingga menimbulkan pemaknaan yang berbeda. Dan yang ketiga, tidak mutlak yaitu informasi yang diberikan harus mengedepankan kepentingan public daripada kepentingan sipemberi informasi (Pemerintah).

Menurut panitia penyelenggara dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kupang penyelenggaraan kegiatan ini dimaksudkan untuk melaksanakan amanah Undang-Undang No. 14 Tahun 2014 tentang Keterbukaan Informasi Publik sehingga dengan terbentuknya PPID maka tersedianya wadah informasi yang  dapat mengembangkan sistem informasi berupa penyediaan layanan informasi yang cepat, mudah dan wajar sesuai dengan standar yang didukung dengan dokumentasi yang lengkap, akuntabel dan faktual.\

Dinas Kominfo Kab. Kupang

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Powered by Kab.Kupang | Find Free wordpress themes 2012 | Thanks to Photo Printers, Premium Themes and