Warning: call_user_func_array() expects parameter 1 to be a valid callback, no array or string given in /home/kabkup01/public_html/kupang2010/2010/wp-includes/class-wp-hook.php on line 286

Bupati Buka Forum Perangkat Daerah

Bupati Kupang yang diwakili oleh Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang, Maclon Joni Nomseo,S.IP, membuka Forum Perangkat Daerah Kabupaten Kupang, yang diselenggarakan  Selasa, 20 Maret 2018 di ruang rapat Kantor Bupati Kupang. Forum tersebut selain dihadiri para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, juga dihadiri oleh pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Kupang ser sejumlah undangan lainnya. Adapun tujuan diselenggarakannya forum tersebut diantara untuk menyelaraskan program dan kegiatan Perangkat Daerah Kabupaten dengan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang RKPD Kabupaten di kecamatan dan hasil reses DPRD dan mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan Perangkat Daerah Kabupaten sesuai dengan tugas dan fungsi Perangkat Daerah.  Selain itu juga untuk menyelaraskan program dan kegiatan antar perangkat daerah kabupaten dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah.

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang, Bupati  menyatakan bahwa, Forum Perangkat Daerah  memiliki makna penting dalam perspektif penyelenggaraan pemerintahan yang akuntabel, responsive dan demokratis karena perancanaan adalah awal dari segala aktivitas pemerintahan, untuk itu  menurut bupati forum tersebut harus berkualitas dan dilaksanakan penuh tanggung jawab  sebagai bagian dari penyeleggaraan tugas pemerintah.

Untuk itu bupati menghimbau perangkat daerah agar memiliki sensitifitas yang tinggi terhadap setiap aspirasi, kebutuhan dan permasalahan masyarakat untuk menghasilkan desain program dan kegiatan yang inovatif, solutif dan responsive terhadap persoalan masyarakat.

 

Bupati Kupang menekankan beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dalam pelaksanaan forum tersebut antara lain;

 Pertama  melakukan upaya-upaya strategis untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan efektif sehingga misi pemerintah Kabupaten Kupang 2014-2019 dapat dicapai dengan baik dan berkualitas. Kedua  melakukan percepatan pembangunan infrastruktur untuk membuka keterisolasian serta konektivitas antar sentra-sentra produksi. Pembangunan infrastruktur  juga akan meenjadi daya ungkit terhadap sektor-sektor unggulan didaerah yang akan meningkatkan peluang kesempatan berusaha dibidang perdagangan, industri maupun jasa yang akan menyediakan lapangan kerja sehingga akan menurunkan angka pengangguran dan mengurangi angka kemiskinan.

 

Ketiga, mengoptimalkan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat melalui peningkatan kualitas  pelayanan dasar sesuai standar pelayanan minimal (SPM). Untuk itu rumusan program dan kegiatan yang akan dimuat dalam rencana kerja Perangkat Daerah (PD) tahun 2019 harus menjamin sinergitas program dan kegiatan antar PD dalam rangka percepatan pencapaian sasaran pembangunan jangka menengah Kabupaten Kupang, khususnya sasaran makro seperti percepatan laju pertumban ekonomi daerah, peningkatan pendapatan perkapita, penurunan tingkat kemiskinan dan perbaikan Indeks Pembangunan Manusia. Keempat alokasi sumberdaya pembangunan  harus diarahkan pada peningkatan belanja modal dan belanja publik untuk menjamin prinsip responsive, aspiratif dan inklusif.

 

Alokasi belanja pendidikan minimal 20% dari total belanja daerah, demikian pula belanja bidang kesehatan perlu ditingkatkan diatas 10 % dari total belanja daerah agar pelayanan kesehatan dapat diakses secara mudah dan berkualitas. Dengan kata lain  pengalokasian belanja daerah dalam APBD yang manfaatnya tidak lagsung dinikmati oleh masyarakat supaya dibatasi.

Diakhir sambutannya bupati mengharapkan Forum akan menghasilkan rekomendasi program dan kegiatan yang berdaya ungkit besar terhadap pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat sekaligus mempercepat pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa yang berdampak pada berkembangnya Kabupaten Kupang menjadi Kabupaten Unggul tahun 2019 melalui upaya pengembangan kesejahteraan rakyat.

Forum Perangkat Daerah dijadwalkan akan berlangsung selama 5 hari dari tanggal 20 sampai dengan 24 Maret 2018.

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Powered by Kab.Kupang | Find Free wordpress themes 2012 | Thanks to Photo Printers, Premium Themes and