Warning: call_user_func_array() expects parameter 1 to be a valid callback, no array or string given in /home/kabkup01/public_html/kupang2010/2010/wp-includes/class-wp-hook.php on line 286

Bapak Viktor Bungtilo Laiskodat,SH.M.Kn beserta rombongan di kelompok ternak fajar pagi Raknamo

Masyarakat Kecamatan Amabi Oefeto Desa Raknamo khususnya Kelompok ternak fajar pagi raknamo merasa bangga atas kunjungan kerja perdana bapak gubernur terpilih Viktor Bungtilo Laiskodat beserta rombongan pada Senin 20 Agustus 2018. Tujuan kunjungan ini adalah menyaksikan secara langsung kesuksesan yang diperoleh dari kelompok ternak Fajar Pagi. Kelompok ternak yang terbentuk sejak tahun 2008 hingga sekarang sudah menunjukan hasil nyata dalam beternak. Kelompok ternak yang beranggotakan 50 orang ini bisa menghasilkan 31 ekor sapi yang sudah dipanen dari jumlah ternak sapi 150 ekor hanya butuh waktu 2 bulan saja dari target waktu yang sebenarnya 6 bulan untuk bisa panen. Disiplin kerja dari kelompok ternak inilah yang memberi mereka keuntungan. kesuksesan ini menurut kelompok ternak fajar pagi adalah berkat dukungan dana dan moril dari berbagai pihak diantaranya Bank NTT, Asuransi Jasindo dan pemerintah terkait.

Bobot berat sapi rata-rata diatas 280-298 kilo hanya dalam tempo 2 bulan, produkso juni-agustus. sapi-sapi ini sudah di asuransi oleh PT. Jasindo. Kelompok ternak fajar pagi raknamo optimis untuk bisa jadi kelompok model untuk NTT dan Kabupaten Kupang khususnya. Rencana lahan 25 hektar besar harapan bisa dibuka jadi 50 hektar.

Bupati Kupang terpilih Korinus Masneno yang hadir pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih atas kunjungan bapak viktor Laiskodat beserta rombongan dan Masneno juga mengatakan bahwa hasil yang diperoleh kelompok ternak perlu di apresiasi. Dengan budidaya ternak model pertama sapi di asuransi, model kedua sapi dipelihara, hanya dalam tempo 2 bln sudah dapat keuntungan 7 juta, sangatlah membanggakan. Masneno juga menyarankan karena di lokasi ternak ini banyak tinja maka perlu dikembangkan ke agro makanan-makanan organik seperti penanaman tumbuh-tumbuhan umur panjang tentunya didukung air yang banyak. Bilaperlu di tambahkan masneno bahwa kedepannya tenaga Kerja Indonesia(TKI) dari desa ini dipanggil pulang untuk kembangkan wisata agro.

Sementara itu Viktor B. Laiskodat dalam sambutannya mengatakan bahwa hal menarik yang diakuinya setelah sampai ke tempat ini adalah semangat kerja rakyat. terkhusus kelompok ternak fajar pagi raknamo yang dengan caranya bisa menuju sukses. Menurut Laiskodat sangat pantas kelompok ternak ini dijuluki sebagai peternak model asalkan tetap terus menerus melakukan inovasi yang positif dan bernilai. Disamping itu Viktor menegaskan bahwa jangan membakar lahan yang bisa menyebabkan kerusakan tanah.Tanah bisa ditutupi dengan daun-daunan hijau yang bermanfaat. Seperi tanaman daun kelor salah satunya. Dan Viktor berjanji bahwa pada tanggal 20 Desember 2018 nanti akan mendeklarasikan Provinsi NTT sebagaiProvinsi Kelor. Karena banyak manfaat kelor selain baik utk kesehatan bisa dimanfaatkan sebagai gas. Ditambahkan Viktor bahwa ilmu terbaik adalah pengalaman dan pengalaman harus dilihat dan dirasakan,mampu membangun imajinasi hebat. Harus ada niat untuk menjadi yang terbaik. Perlu ada pelatihan kepada setiap kelompok baik itu ternak, tani, perikanan dan sebagainya. karena itu Viktor mengharapkan kepada para pimpinan daerah buat anggaran khusus untuk memberangkatkan kelompok usaha tani ternak keluar negeri. Dari situ mereka belajar memperoleh ilmu dan bisa dipresentasikan dan dipraktekkan ketika kembali ke daerah. Viktor Laiskodat yang pada tanggal 17 September 2018 akan dilantik, saat itu juga akan mengendalikan dengan baik keuangan dari segala sektor dengan peruntukan yang jelas demi pembangunan daerah menjadi lebih baik.

Hadir juga pada kesempatan itu Bupati TTU, Raymundus Fernandes, Plt. Dirut Bank NTT, Absalom Sine, Kepala Kantor Bank NTT cabang Oelamasi John Sine, Pimpinan Asuransi Jasindo, May Dance Parhusip,  Ibu Sarah Leri Mbuik, anggota DPRD kab. Kupang, pimpinan OPD dan Camat, Tokoh Masyarakat, Ketua bersama anggota Kelompok ternak Fajar Pagi Raknamo.

 

Selain itu, kesempatan yang sama  dilakukan penyerahan piala bagi peternak terbaik dari kelompok ternak fajar pagi Raknamo, lelang sapi kawin dan suntik 1 ekor yang dibeli oleh bapak gubernur terpiih Viktor Laiskodat senilai 25.000.000,  dan penanaman lamtoro terambah secara simbolis serta kunjungan ke kandang ternak kelompok fajar pagi Raknamo (Sumber : Bagian Humas Setda Kabupaten Kupang)

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Powered by Kab.Kupang | Find Free wordpress themes 2012 | Thanks to Photo Printers, Premium Themes and