Warning: call_user_func_array() expects parameter 1 to be a valid callback, no array or string given in /home/kabkup01/public_html/kupang2010/2010/wp-includes/class-wp-hook.php on line 286

Bupati Kupang Sampaikan Pidato Perdana


Setelah dilantik oleh Gubernur Nusa Tenggara Timur pada tanggal 7 April 2019 lalu, Bupati Kupang Drs. Korinus Masneno menyampaikan pidato perdana dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Kupang, Senin, 15 April 2019. Rapat Paripurna tersebut dihadiri oleh Ketua dan para Wakil Ketua beserta anggota DPRD Kabupaten Kupang, Forkopimda, Sekretaris Daerah beserta para asisten, para pimpinan OPD serta undangan lainnya. Selain untuk memenuhi ketentuan perundangan yang berlaku, pidato perdana tersebut juga dijadikan momentum oleh Bupati dan Wakil Bupati periode 2019-2024  untuk menyampaikan visi dan misi serta program pembangunan yang akan dilaksanakan lima tahun mendatang.

Diawal pidatonya Bupati mengajak seluruh komponen dan elemen masyarakat yang selama ini terpisah oleh perbedaan pandangan dan pilihan untuk kembali bersatu padu dalam satu tekad yang sama, dengan komitmen pembangunan untuk memperjuangkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kupang. Menurutnya perbedaan pandangan dan pilihan pada pemilihan Kepala Daerah yang lalu merupakan hal yang wajar dalam sebuah pesta demokrasi, yang perlu dimaknai sebagai wujud demokrasi yang sehat dan pembelajaran politik yang cerdas kepada masyarakat.

 Selanjutnya dikatakan bahwa upaya pemecahan terhadap permasalahan pembangunan daerah terutama pada aspek pemerataan pembangunan, kemiskinan, pengangguran, pembangunan manusia dan daya saing daerah harus dilaksanakan secara terstruktur dan komprehensif. Dengan memperhatikan arah kebijakan pembangunan  pada tahap akhir RPJPD Kabupaten Kupang, “Menuju Kabupaten Kupang Adil, Sejahtera dan Berdaya Saing” diakui oleh Bupati bahwa masih banyak kendala dan masalah yang perlu diidentifikasi dan dicarikan solusi penyelesaian yang tepat. Dalam kesempatan itu pula Bupati Kupang menyampaikan visi pembangunan lima tahun kedepan yakni “Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Kupang Yang Maju, Mandiri dan Sejahtera”, dimana untuk mencapai visi  tersebut dengan mewujudkan lima misi yakni, pertama Meningkatkan kualitas sumber daya manusia,  kedua; Mengembangkan ekonomi kerakyatan untuk mewujudkan kedaulatan ekonomi Daerah, ketiga Revitalisasi nilai-nilai budaya sebagai modal sosial pembangunan, keempat; Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan benar serta yang kelima; Meningkatkan kuantitas dan kualitas infrastruktur daerah.

Menurut Bupati salah satu pekerjaan rumah yang juga penting untuk dibenahi  dalam lima tahun kedepan adalah menyangkut pengelolaan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Optimalisasi terhadap PAD yang ditunjukkan dengan peningkatan terhadap ratio derajat desentralisasi fiskal dan ratio kemandirian keuangan daerah.  Identifikasi dan penataan kembali obyek dan subyek pajak, serta retribusi daerah sesuai kode pendapatan yang ada, rekonsilidasi data dan dokumen teknis lainnya yang berhubungan dengan penetapan target dan realisasi penerimaan pada pos-pos pendapatan daerah adalah merupakan langkah strategis yang akan dilaksanakan untuk mencapai rasio derajat desentralisasi fiskal dan rasio kemandirian keuangan daerah kearah yang lebih baik, demikian jelas Bupati.

Bupati juga sangat mengharapkan dukungan dari pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Kupang untuk dapat bersama dengan pemerintah mensinergikan program-program prioritas yang akan ditetapkan dalam Peraturan Daerah tentang RPJMD Kabupaten Kupang Tahun2019-2024.

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Powered by Kab.Kupang | Find Free wordpress themes 2012 | Thanks to Photo Printers, Premium Themes and