Warning: call_user_func_array() expects parameter 1 to be a valid callback, no array or string given in /home/kabkup01/public_html/kupang2010/2010/wp-includes/class-wp-hook.php on line 286

PELATIHAN MANAJEMEN PENGELOLAAN USAHA KOPERASI/KUD DI KABUPATEN KUPANG.

Sesuai laporan panitia sebanyak 60 org peserta Diklat Manajemen pengelolaan usaha koperasi/KUD dan 20 org peserta Diklat Kewirausahaan berbasis SIYB (start improve your business)  mengikuti kegiatan pelatihan manajemen pengelolaan usaha koperasi di Kab. Kupang yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kab.Kupang.Kegiatan pelatihan ini digelar selama 3 hari dari tgl 30 April-2 Mei 2019.

Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe yg didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kab Kupang dan Kepala Dinas Nakertrans Kab. Kupang membuka pelatihan ini dengan resmi sekaligus menyampaikan sambutan tertulis Bupati Kupang, Korinus Masneno. Dalam sambutan tersebut dikatakan Pemerintah menyadari dengan sungguh-sungguh bahwa sumber daya manusia memegang peranan sangat menentukan dan terpenting bagi kemajuan sebuah organisasi dan bahkan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat. Sangat disadari bahwa kondisi SDM pengelola koperasi dan KUMKM dirasakan masih rendah baik dari segi keterampilan, pengetahuan teknis dan manajemen sehingga peningkatan SDM pelaku usaha harus dilakukan melalui diklat terarah dan berkesinambungan sesuai dengan kebutuhan, baik yang dilaksanakan di provinsi maupun kabupaten dengan mendatangkan tenaga profesional utk melatih dan membimbing guna meningkatkan produktivitas usaha bagi koperasi dan KUMKM.

Bupati mengharapkan kedepan akan tumbuh koperasi-koperasi berkualitas yang mampu mengelola potensi dan sumber daya alam yang tersedia sehingga bermanfaat untuk peningkatan kesejahteraan anggota serta masyarakat dan akhirnya dapat mengurangi tingkat pengangguran serta mengurangi angka kemiskinan di wilayah Kab. Kupang. Disamping itu juga harus mampu merubah paradigma dari pendekatan kuantitas menjadi kualitas dan langkah yang ditempuh untuk meningkatkan kualitas koperasi adalah dengan membangun sistem manajemen koperasi berbasis Informasi Teknologi (IT).

Setelah selesai mengikuti pelatihan ini Bupati Korinus Masneno sangat mengharapkan para peserta mampu membuat Laporan Hasil rapat Anggota Tahunan (RAT) karena ini sangat bermanfaat terutama sebagai bahan evaluasi baik utk intern koperasi sendiri maupun bagi pemerintah sebagai dasar untuk menentukan kebijakan pembinaan lebih lanjut.

Diakhir sambutan,  Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe menambahkan bahwa para peserta harus serius mengikuti pelatihan ini. Dengan waktu singkat dalam mendapatkan materi Jerry meminta kepada panitia agar sungguh-sungguh memperhatikan keberadaan peserta jangan asal ikut kegiatan. Belajar tertib supaya sumber daya maju. Manfaatkan IT sebaik mungkin jangan digunakan hanya untuk senang-senang dan menyebarkan hoax. Karena ditegaskan Jerry Manafe bahwa jika kerja serius, pastinya tidak akan rugi.

Sebagai Pelaku Usaha Jerry Manafe akui bahwa punyai usaha itu sangat susah. Lebih susah jadi pengusaha daripada penguasa. Untuk itu Jerry mengharapkan setiap usaha yang hendak dilakukan harus dengan tekad dan memperhatikan: (1). Harus lihat pasar,(2). Dampak usaha yang tepat,(3).siapa yg membantu, (4). Modalnya darimana dan (5). Pasarnya kemana.

Selain itu sesuai catatan Kab. Kupang ada 390 koperasi dan yg aktif 2 ratusan saja, maka dari itu Wakil Bupati Jerry meminta kepada panitia dalam hal ini Dinas Koperasi untuk mencari tahu dengan seksama apa masalahnya. Dan mengapa para peserta yangg hadir saat ini bukan ketua ataupun sekretaris melainkan yang diutus kebanyakan dari mereka peserta hanya anggota yang hadir dengan jumlah peserta diklat yang tidak mencapai target sesuai harapan panitia dgn jumlah 80 org peserta.

Menanggapi apa yg disampaikan oleh wakil Bupati Kupang, Irene Tuti S. Arka selaku Ketua panitia dari Dinas Koperasi dan UKM Kab. Kupang menyampaikan kesiapan panitia untuk menindaklanjuti penyampaian wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe.

Sumber : Bagian Humas Setda Kab. Kupang

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Powered by Kab.Kupang | Find Free wordpress themes 2012 | Thanks to Photo Printers, Premium Themes and