Warning: call_user_func_array() expects parameter 1 to be a valid callback, no array or string given in /home/kabkup01/public_html/kupang2010/2010/wp-includes/class-wp-hook.php on line 298

Pemandian Baumata

Baumata adalah sebuah desa yang terletak 16 Km dari Kota Kupang atau 6 Km Arah Timur dari Bandara El Tari kupang, tepatnya di Kecamatan Kupang Tengah yang merupakan salah satu tempat rekreasi/objek wisata yang cukup dikenal dan ramai dikunjungi orang.

 

Sebuah Kolam kecil untuk anak-anak di Baumata


Luas wilayahnya 219. 30 KM2 dengan jumlah penduduk pada Tahun 1996 sebanyak 27.516 jiwa yang sebagian besar penduduknya bergantung hidup pada sector pertanian.

Baumata adalah sebuah desa yang terletak 16 Km dari Kota Kupang atau 6 Km Arah Timur dari Bandara El Tari kupang, tepatnya di Kecamatan Kupang Tengah yang merupakan salah satu tempat rekreasi/objek wisata yang cukup dikenal dan ramai dikunjungi orang.
Luas wilayahnya 219. 30 KM2 dengan jumlah penduduk pada Tahun 1996 sebanyak 27.516 jiwa yang sebagian besar penduduknya bergantung hidup pada sector pertanian.

Sebagai tempat rekreasi, selain terdapat Hutan Alam yang merupakan obyek wisata alam (Eco Tourist), Baumata terkenal juga dengan sumber mata air alamiah yang bersih dan segar. Saat ini Perusahaan air Aquamor yang telah mengekspor air mineralnya keberbagai daerah di NTT mengambil air dari sumber air Baumata. Demikian Juga dengan PDAM Kupang yang merupakan sumber air utama bagi Kota Kupang mendapatkan suplay air dari Sumber Air Baumata.

Daya tarik yang menonjol yang dimiliki obyek wisata alam Baumata adalah Kolam Renangnya baik bagi orang dewasa dan anak-anak peninggalan sejarahnya/situs yaitu gua alam yang cukup menarik dengan stalaktit dan stalakmit, berjarak ± 250 meter dari kolam renang. Masyarakat menyebutnya “Gua Jepang” yang merupakan bekas peninggalan Tentara Jepang sebagai tempat persembunyian selama perang dunia ke II

Selain menikmati pemandangan alamnya dengan udara yang sejuk, didekat kolam renang itu juga terdapat kolam alam yang dihiasi dengan bunga teratai sebagai tempat perlindungan beberapa habitat air tawar seperti jenis-jenis ikan dan udang. Juga saat ini oleh pihak pengelola, kolam tersebut telah dibudidayakan beberapa jenis ikan yang potensial untuk dikonsumsi antara lain : Ikan Bandeng, Tawes dan Ikan Mas.
 
 

   


Kolam untuk orang dewasa di Baumata


Baumata merupakan gabungan yang menarik antara sumber mata air alamnya, kolam renang, Gua Jepang, kolam alam serta pepohonan dengan udaranya yang sejuk. Disamping terkenal dengan kolam renangnya yang umumnya ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik pada hari minggu/libur (terutama remaja), disekitar lokasi juga terdapat pasar Tradisional yang menjajakan kerupuk ubi yang khas, buah-buahan segar dan kue-kue oleh masyarakat setempat.

 
Daya Tarik Wisata
Baumata merupakan salah satu tempat rekreasi dan wisata alam yang cukup menarik minat banyak orang. Kegiatan yang dapat dilakukan selain menikmati pemandangan alam dengan udaranya yang sejuk, berkemah, kegiatan fotografi, kebudayaan tradisional masyarakat yaitu “Tarian Hering” yang biasa ditarikan untuk menyambut para pembesar atau Tamu Agung.
Bagaimana Menuju ke Lokasi

Tempat rekreasi Baumata hanya dapat ditempuh melalui jalan darat ± 30 menit dengan menggunakan kendaraan umum (Bemo) dari Kupang jurusan Penfui – Baumata – nomor 15 dan nomor 16, maupun dengan Jeep, Taxi, Sepeda Motor ataupun dengan bersepeda.
Sarana Penunjang

 
Lokasi wisata ini hanya dibuka pada Hari Jumat, Sabtu dan Minggu atau pada hari libur lainnya. Terutama pada pada hari libur obyak wisata akan dikunjungi oleh banyak pengunjung yang berdatangan dari kota KUpang maupun daerah sekitarnya.
Telah tersedia tempat parkir, kamar ganti, Toilet, Warung makan.

 
Harga Karcis masuk ke lokasi
– Dewasa seharga Rp.5.000/ orang
– Anak-anak seharga Rp 3.500 / orang

– Sewa Ban / pelampung, Ban Kecil Rp.5000, Ban Besar Rp.10.000
 
 



 

Pengelola
Obyek wisata Baumata saat ini dikelola oleh :
Pemerintah Kabupaten Kupang

(DINAS PARIWISATA  DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN KUPANG)

Powered by Kab.Kupang | Find Free wordpress themes 2012 | Thanks to Photo Printers, Premium Themes and