Warning: call_user_func_array() expects parameter 1 to be a valid callback, no array or string given in /home/kabkup01/public_html/kupang2010/2010/wp-includes/class-wp-hook.php on line 286

Budaya Helong

Helong merupakan komunitas yang berada disebuah pulau kecil yang bernama Semau,Pulau ini memiliki panjang sekitar 45 km dan lebar 5-6 km. Namun dalam perkembangannya masyarakat Helong mulai bertumbuh dan berkembang di daerah di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang. Pulau Semau ini hanya berjarak 15-20 menit dengan perahu motor dari kota Kupang.

Budaya Helong secara umum memang identik dengan budaya Rote, namun demikian dalam perkembangan budaya Helong mulai menampakkan ciri yang sedikit berbeda. Baik dalam tata cara berpakaian maupun praktek kebudayaan. Di pulau Semau ini Bahasa pergaulan yang dipakai adalah bahasa Helong, pada beberapa terdapat dialek yang berbeda dimana melalui hal ini orang dapat membedakan asal pengguna bahasa tersebut (berasal Semau Selatan atau Utara dan sebagainya).

 

Hopong sebuah tarian Helong

Hopong adalah sebuah upacara tradisional masyarakat Helong yang mengijinkan para petani untuk menuai atau panen di ladang pertanian. Upacara Hopong adalah suatu aktivitas yang dilakukan oleh para petani dalam bentuk doa bersama sebagai ungkapan rasa syukur dan terima kasih kepada Tuhan dan nenek moyang.

Upacara Hopong dilakukan pada masa panen disuatu rumah yang ditentukan bersama dan dihadiri oleh tua-tua adat serta lapisan masyarakat. Tarian ini juga menggambarkan kehidupan bersama nilai religius, gotong royong. Musik pengiring gendang, tambur, gong

Powered by Kab.Kupang | Find Free wordpress themes 2012 | Thanks to Photo Printers, Premium Themes and