Warning: call_user_func_array() expects parameter 1 to be a valid callback, no array or string given in /home/kabkup01/public_html/kupang2010/2010/wp-includes/class-wp-hook.php on line 298

Jahe

Salah satu jenis komoditas yang cukup potensial dan diperkirakan dapat dikembangkan sebagai suatu komoditas unggul adalah jahe. Hal ini disebabkan hingga saat ini jenis komoditas ini secara luas dan umum dikembangkan oleh masyarakat Kabupaten Kupang walaupun masih pada skala rumahtangga dan mempunyai peluang pasar yang cukup baik dimana para eksportir dan importir banyak memburu komoditas ini.

Berdasarkan pertimbangan di atas, maka kegiatan pengkajian komoditas jahe dan peluang usahanya di Kabupaten Kupang merupakan langkah strategis sebagai wahana informasi ekonomi dan promosi praktis bagi para investor/pengusaha dan atau calon investor/ pengusaha.

Penyebaran tanaman jahe sudah tentu tidak dapat dipisahkan dari keanekaragaman tipe agroklimat di setiap kawasan. Di Indonesia dikenal beberapa klon jahe seperti jahe kecil atau jahe emprit, jahe merah atau sunti dan jahe gajah. Sampai dengan saat ini secara nasional telah dikoleksi plasma nutfah jahe sejumlah 28 nomor dari berbagai tipe dan daerah. Dengan ketersediaan sumber variasi genetik yang luas itu, memberikan  kemungkinan yang leluasa untuk menentukan langkah-langkah perbaikan varietas melalui seleksi dan hibridisasi sehingga didapatkan varietas unggul baru.

Secara nasional sumberdaya lahan yang dimanfaatkan sebagai areal pengembangan jenis komoditas ini yang tercermin dari luas panen yang diduga terus mengalami peningkatan walaupun secara kuantitatif belum tersedia data yang akurat. Hal ini disebabkan karena meningkatnya permintaan baik dalam dan luar negeri akan komoditas jahe khususnya jahe gajah disamping harga per kg yang lebih mahal dbandingkan dengan jenis jahe lainnya. Di NTT pengembangan komoditas jahe secara intensif di lakukan di Kabupaten Ende. Untuk Kabupaten Kupang, luas areal panen komoditas jahe pada tahun 2004 seluas kira-kira 20 ha atau 2% dari total luas hutan produksi. Ini berarti bahwa potensi sumberdaya lahan untuk mengembangkan komoditas jahe di tingkat wilayah dan masyarakat di Kabupaten Kupang cukup tersedia.



Pengembangan komoditas jahe di Kabupaten Kupang juga berkaitan erat dengan pola pemanfaatan lahan terutama areal lahan pekarangan dan perkebunan. Dengan demikian untuk menduga ketersediaan areal potensial dapat ditelusuri melalui luasan areal lahan pada sebagian besar wilayah kecamatan penghasil utama.

Powered by Kab.Kupang | Find Free wordpress themes 2012 | Thanks to Photo Printers, Premium Themes and