Warning: call_user_func_array() expects parameter 1 to be a valid callback, no array or string given in /home/kabkup01/public_html/kupang2010/2010/wp-includes/class-wp-hook.php on line 298

Kedelai

Salah satu jenis komoditas yang diperkirakan dapat dikembangkan sebagai suatu komoditas unggul adalah kedelai. Hal ini disebabkan tersedianya potensi sumberdaya lahan dan manusia yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang pengembangan komoditas ini. Demikian juga bahwa secara nasional kebutuhan akan jenid produk ini masih cukup tinggi, sehingga diperkirakan bahwa peluang pasarnya cukup baik.
 
Berdasarkan pertimbangan di atas, maka kegiatan pengkajian komoditas kedelai dan peluang usahanya di Kabupaten Kupang merupakan langkah strategis sebagai wahana informasi ekonomi dan promosi praktis bagi para investor/ pengusaha dan atau calon investor/pengusaha.
 
Secara nasional sumberdaya lahan yang dimanfaatkan sebagai areal pengembangan jenis komoditas ini tercermin dari luas panen yang terus mengalami penurunan sebesar 16,66% antara tahun 1998-2001 (Ariani, 2003). Sementara untuk NTT antara tahun 2002 sampai 2005 rata-rata perkembangan luas panen mengalami penurunan sebasar minus 10,52%. Pada tahun 2002 luas panen kedelai di NTT seluas 3.613 ha semantara tahun 2005 hanya seluas 2.093 ha. Sistuasi ini memnunjukkan bahwa secara umum terjadi penurunan luas areal panen baik pada aras nasional maupun di NTT. Khusus ketersediaan luas areal untuk pengembangan komoditas kedele di Kabupaten Kupang, dapat dikatakantidak tersedia informasi yang spesifik bahkan sampai tahun 2004, luas areal panen kedelai hanya tercatat 1 ha.
 
Rendahnya luas areal untuk pengembangan komoditas kedelai di Kabupaten Kupang juga berkaitan erat dengan pilihan usaha petani serta pola pemanfaatan lahan terutama areal lahan kering dan tadah hujan. Dengan demikian untuk menduga ketersediaan areal potensial dapat ditelusuri melalui luasan areal lahan sawah dan lahan kering wilayah Kabupaten Kupang. Mendasarkan pada kenyataan tentang pola pemanfaatan lahan untuk pengembangan komoditas kedelai di banyak sentra produksi di Jawa yakni dengan memanfaatkan areal lahan basah dan lahan kering dalam bentuk pola tanam yang teratur, maka ketersediaan areal lahan sawah dan lahan kering yang tersebar di Kabupaten kupang diduga sebagai areal potensial yang dapat digunakan sebagai basis pengembangan jenis komoditas ini di Kabupaten Kupang.
 
Powered by Kab.Kupang | Find Free wordpress themes 2012 | Thanks to Photo Printers, Premium Themes and