Warning: call_user_func_array() expects parameter 1 to be a valid callback, no array or string given in /home/kabkup01/public_html/kupang2010/2010/wp-includes/class-wp-hook.php on line 298

Ikan Pelagis Kecil

 
Potensi dan peluang pasar hasil laut dan ikan cukup baik. Pada tahun 1994, impor dunia hasil perikanan sekitar 52,492 juta ton. Indonesia termasuk peringkat ke-9 untuk ekspor ikan dunia. Permintaan ikan pada tahun 2010 diperkirakan akan mencapai 105 juta ton. Di samping itu, peluang dan potensi pasar dalam negeri juga masih baik. Totalkonsumsi ikan dalam negeri tahun 2001 sekitar 46 juta ton dengan konsumsi rata-rata 21.71 kg/kepala/tahun. Dengan elastisitas harga 1.06 berarti permintaan akan ikan tidak akan banyak berubah dengan adanya perubahan harga ikan. Tingkat konsumsi ikan bagi penduduk NTT pada tahun 2004 mencapai sekitar 17.14 kg/kapita yang baru mencapai sekitar 68.56% dari strandar konsumsi ikan nasional yaitu 25 kg. Ikan-ikan pelagis kecil hasil tangkapan nelayan, umumnya dipasarkan dalam bentuk ikan segar yang dijual langsung kepada masayarakat di tempat pendaratan perahu (pendaratan ikan). Hanya sebagian kecil dari hasil tangkapan itu dijual dalam bentuk olahan berupa ikan kering/asin terutama untuk ikan teri. Proses pengolahan ikan-ikan itupun dilakukan melalui proses yang sederhana dan dalam skala kecil dalam lingkup
rumahtangga. Kondisi pengolahan semacam di atas akan mempengaruhi kualitas yang pada akhirnya akan mempengaruhi harga jual pula. Saluran pemasaran ikan yang terjadi selama ini adalah dari nelayan produsen dijual kepada pedagang pengumpul dan dari pedagang pengumpul dijual kepada pedagang pengecer dan dari pedagang pengecer/keliling ke konsumen.
 
 
Lokasi rencana pengembangan usaha penangkapan ikan pelagis ini adalah di wilayah perairan laut Kabupaten Kupang, di mana di wilayah ini tersedia berbagai prasarana dan sarana perikanan laut seperti Tempat Pendaratan Ikan (TPI), Balai Benih Ikan Pantai (BBIB), Unit Pengisian Bahan Bakar Untuk Nelayan . Secara ekonomis, keberadaan berbagai fasilitas tersebut, diharapkan akan terciptanya proses aglomerasi yang dapat mendorong kepada pencapaian efisiensi. Masyarakat sekitar wilayah pengembangan usaha penangkapan ikan pelagis ini adalah masyarakat nelayan. Etnik Timor Helong dan Rote mendominasi kultur masyarakat sekitar yang secara budaya memiliki keterkaitan yang erat dengan berbagai kegiatan kelautan dan perikanan.
 
 
Yang perlu diperhatikan dan diawasi terkait dengan pengembangan usaha penangkapan ikan ini, adalah tindakan/praktek untuk memperoleh hasil tangkapan dan meraih keuntungan dalam waktu yang singkat dengan uasaha-usaha yang tidak legal. Seperti kegiatan penangkapan dengan menggunakan bahan peledak atau lainnya yang dapat merusak dan memusnahkan potensi sumberdaya laut yang ada.
 
 
Pengembangan usaha penangkapan ikan-ikan pelagis kecil di wilayah perairan Kabupaten Kupang, merupakan pemanfaatan peluang kegiatan dari potensi sumberdaya wilayah yang tersedia. Dengan memperhatikan tingkat perkembangan produksi dan potensi sumberdaya perairan serta letak geografis Kabupaten Kupang, maka peluang investasi bagi para investor/calon sangat terbuka untuk untuk penangkapan ikan terutama untuk ikan-ikan pelagis kecil. Peluang yang ada akan semakin luas apabila produksi ikanikan pelagis yang ada ditujukan bagi konsumen di luar wilayah dan juga dalam bentukolahan (kering/asin, kaleng, atau pembekuan, dan lainnya). Dengan demikian, peluang pasar atas ikan-ikan pelagis kecil ini dapat ditujukan untuk pasar lokal, antarpulau, maupun ekspor. Sesuai dengan bidang dan peluang usaha penangkapan ikan-ikan pelagis ini, maka pemerintah Kabupaten Kupang dapat menanamkan modalnya dalam usaha penangkapan maupun industri pengolahan. Di samping itu, bidang dan peluang investasi penangkapan ikan ini juga terbuka bagi investor swasta maupun masyarakat. Atas dasar perkiraan jumlah investasi yang dibutuhkan, maka peluang usaha di bidang penangkapan ikan-ikan pelagis kecil ini dapat dilakukan dalam skala kecil, menengah, ataupun dalam skala besar.
 
[ Untuk Info Lebih Lanjut silahkan download disini ]
Powered by Kab.Kupang | Find Free wordpress themes 2012 | Thanks to Photo Printers, Premium Themes and