Pantai Tablolong

Pantai Tablolong

 

Pantai ini memiliki hamparan pasir yang yang indah, terletak di Kecamatan Kupang Barat serta di sekitar Pantai terdapat perkampungan nelayan. Pantai ini merupakan salah satu perairanĀ  di Kabupaten Kupang yang yang merupakan basis berbagai olaraga pancing baik berskala tradisional maupun internasional, turnamen ini sering di laksanakan setiap tahun.

Perpaduan hamparan pasir putih dan birunya langit menambah keelokan Pantai Tablolong. Selain berenang ataupun bermain air, pengunjung dapat bersantai ria di lopo (sejenis bale-bale/ gazebo) sambil menikmati hembusan angin pantai. Tak jauh dari lokasi pantai terdapat sebuah rawa yang dibudidayakan oleh masyarakat setempat sebagai kolam pembibitan ikan. Tablolong juga dihiasi oleh adanya Pohon Centigi (Pempis Acidula) yang tumbuh liar di sekitaran bebatuan karang, dan merupakan sebuah tanaman golongan perdu yang banyak diburu orang karena keunikannya.

Belum ada kendaraan umum melayani rute Kupang-Tablolong. Wilayah ini hanya bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan selama satu jam. Jarak tempuh Ā± 30 km dari Kota Kupang

Dari gerbang, masih harus berkendara sekitar 500 meter lagi sebelum tiba di pantai. Setelah membayar tarif masuk sebesar Rp1.500 per orang dan ongkos parkir kendaraan Rp500. Disana pemandangan pasir putih mengampar ratusan kilometer.

Lopo lopo yang terdapat di Pantai Tablolong

Di Pantai Tablolong ini terdapat lopo-lopo (sejenis bale-bale/ gazebo) yang dapat digunakan pengunjung sebagai tempat beristirahat sejenak sambil menikmati keindahan pantai. Di sekitar pantai juga terdapat warung makanan dan fasilitas penunjang lainnya seperti toilet, kamar ganti serta sarana bermain untuk anak-anak. Bagi pengunjung yang berniat bermalam di sekitar pantai tenang saja, karena di bagian barat pantai terdapat sebuah penginapan sejenis vila. Untuk tarifnya cukup mahal sehingga tak heran hanya sedikit wisatawan lokal yang menginap di sana dan selebihnya hanya turis mancanegara saja.

Letak Geografisnya